Gemar Fotografi Pakai Ponsel? Tambahkan Watermark Sebelum Mempublikasikannya!


Sumber gambar: foregroundweb.com

Watermark adalah kegiatan menambahkan sebuah logo atau tulisan pada karya digital seperti foto atau video dengan tujuan menginformasikan identitas pencipta sekaligus sebagai bukti otentik kepemilikan karya digital tersebut. Dengan demikian, si pemilik tersebut dapat menghindari karya digitalnya dicuri atau disalah-gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bahkan, ada yang menambahkan watermark sebagai media promosi. Misalnya menggunakan username Instagram atau situs si pemilik.

Watermark sendiri biasanya berukuran kecil dan berada di bagian pojok karya digital agar tidak menghalangi objek di dalam karya tersebut. Tapi belakangan ini banyak yang meletakkannya di bagian tengah dengan tingkat transparansi sedang untuk menghindari watermarknya dihapus namun tetap tidak membatasi pandangan terhadap karyanya.

Pada jaman dulu mungkin hanya kalangan profesional yang menggunakan watermark, tapi di jaman sekarang pencurian karya digital semakin marak dan mudah dilakukan. Sehingga kalangan amatir pun mulai menggunakan sistem watermark ini. Sebut saja para pengguna Instagram atau blogger yang sering mempublikasikan foto dan video untuk kepentingan dokumentasi pribadi, bukan komersial.

Biasanya penambahan watermark dilakukan menggunakan software pada PC atau laptop. Bagi kalangan amatir yang mengambil foto menggunakan ponsel rasanya cukup merepotkan karena harus memindahkan foto ke PC lalu mengedit kemudian memindahkannya lagi ke ponsel untuk dipublikasikan. Apalagi kalau yang mau diedit hanya satu foto.

Untungnya, sekarang ada banyak aplikasi di ponsel yang memudahkan kamu untuk menambahkan watermark. Cukup masukan logo atau tulisan yang mau kamu jadikan sebagai watermark, simpan, lalu unggah ke media sosial. Supaya kegiatan mengunggah foto atau video secara rutin atau banyak sekaligus tetap berjalan dengan lancar, kamu harus memiliki jaringan internet yang stabil dan kencang. Misalnya menggunakan paket internet Bolt. Untuk melihat ragam paket internet Bolt silahkan klik Traveloka.com yang juga dilengkapi dengan tips memilih paket internet yang tepat sesuai kebutuhanmu.

Yuk, simak beberapa aplikasi penambah watermark di ponsel pilihan Traveloka berikut!
1.       Phonto
Menambahkan watermark menggunakan aplikasi Phonto terbilang cukup mudah. Untuk watermark berupa tulisan, kamu bisa langsung mengetiknya dan memilih jenis huruf yang diinginkan. Setelah itu pilihlah posisi watermark tersebut, seperti di pojok kiri bawah, pojok kanan atas, dan sebagainya. Gaya tulisan juga bisa dibuat melengkung hingga melingkar supaya tulisan yang panjang tidak memakan banyak tempat pada foto tersebut.

2.       Instamark-Watermark
Jika pada umumnya watermark berbentuk tulisan atau logo, dengan aplikasi ini kamu juga bisa menambahkan informasi seperti lokasi foto dan suhu di lokasi tersebut. Untuk menggunakannya, pastikan kamu sudah menyalakan fitur GPS di ponsel.

3.       Ezy Watermark Photo
Kalau kamu sudah memiliki logo untuk watermark yang menggunakan tipe .png, langsung saja simpan ke dalam aplikasi Ezy Watermark Photo sehingga menambahkan watermark jadi lebih mudah. Melalui aplikasi ini kamu bisa mengatur ukuran watermarknya. Begitu juga dengan tingkat transparansinya. Jika kamu tidak memiliki logo watermark juga tidak apa, karena bisa dibuat dengan tulisan yang bisa disesuaikan warna dan ukurannya.

4.       Instawatermark Free
Salah satu keunggulan menggunakan aplikasi ini adalah kamu bisa menambahkan watermark dalam bentuk QR code. Pada QR code ini kamu bisa menambahkan 4 jenis kontak pribadi kamu seperti email, vcard, nomor telepon, dan teks. Jadi setelah dipublikasikan lewat media sosial atau blog, orang lain bisa mengetahui identitas lengkap si pemilik foto tanpa banyak tulisan yang menutupi karya tersebut.

5.       Add Watermark
Sebagai penulis blog, biasanya kamu perlu mengunggah banyak foto sekaligus. Jika harus menambahkan watermark satu per satu, tentu akan memakan banyak waktu dan tidak efisien. Untungnya dengan aplikasi Add Watermark, kamu bisa menambahkan watermark ke beberapa foto sekaligus dengan batas maksimal 10.000 foto. Tinggal atur watermarknya sekali dan tunggu prosesnya selesai untuk semua foto.

6.       Kinemaster

Selain foto, video juga patut ditambahkan watermark. Kamu tidak mau kan kalau hasil jerih payah merekam dan mengedit video dicuri begitu saja oleh orang tidak bertanggung jawab? Nah, aplikasi Kinemaster ini berguna untuk kamu yang sering merekam video atau seorang vlogger bermodalkan kamera ponsel. Caranya mudah, kamu hanya perlu menambahkan layer untuk watermark pada video kemudian atur tingkat transparansinya. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna ponsel berbasis Android saja.


 
Top