Tips Jitu Mengatasi Masalah Layar Tidak Responsive Di iOS 10

Ada beberapa orang yang mengalami masalah dengan iPad atau iPhone setelah  meng-update iOS 10. Sebenarnya ada dua factor yang menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu disebabkan dari update iOS 10 itu sendiri ataupun berasal dari hardware yang mengalami kerusakan.


Seringkali Anda mengeluhkan kondisi layar yang cenderung lambat, macet, dan kurang responsive. Tentu kejadian tersebut akan mengganggu aktivitas Anda dalam melakukan pekerjaan ataupun hanya sekedar iseng-iseng memainkan setiap fitur dari smartphone.

Jika memang masalah tersebut disebabkan karena software-nya yaitu setelah Anda meng-update iOS 10, maka hal tersebut akan lebih mudah untuk diperbaiki. Untuk itu cobalah tips jitu mengatasi masalah layar tidak responsive di iOS 10 berikut ini.

1.      Lakukan restart pada ipad atau iPhone Anda
Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah layar tidak responsive di iOS 10 adalah dengan melakukan restart. Ya, cara ini dianggap efektif untuk mengembalikan fungsi dari layar Anda. Dengan melakukan restart, dijamin layar akan segera kembali normal dan dapat berfungsi seperti sedia kala.

System dari smartphone Anda akan dinonaktifkan dan kemudian diaktifkan kembali dari awal, sehingga kejadian eror yang kecil juga dapat diperbaiki.
Cara yang dilakukan untuk merestrat iPhone adalah dengan mematikannya. Tekan kemudian tahan tombol power sampai handphone mati lalu tunggulah hingga beberapa saat dan nyalakanlah kembali smartphone Anda dengan menekan tombol power hingga tampak logo apple-nya. Sangat mudah bukan cara tersebut?
2.      Reset iOS
Jika memang melakukan restart tidak berhasil dalam mengatasi layar yang tidak responsive, maka Anda harus mengambil tindakan selanjutnya yaitu dengan me-reset iOS-nya.
Melakukan riset IOS artinya Anda harus mengatur ulang sistem iOS-nya sampai terlihat seperti baru lagi tanpa mendownload dan menginstal ulang.
3.      Restore iOS
Jika Anda sudah melakukan restart dan reset namun masalah layar tidak responsive di IOS 10 belum juga teratasi, beralihlah untuk melakukan restore iOS.
Antara reset dengan restore tentu berbeda. Jika Anda melakukan riset maka tidak perlu dilakukan download dan install ulang, sedangkan proses restore mengharuskan Anda untuk mendownload system operasi dari iOS secara langsung dari Apple-nya dan setelah proses download selesai segera lakukan instal pada iPad atau iPhone Anda.  
Cara tersebut kemungkinan besar dapat memperbaiki system iOS yang layarnya tidak responsive.  Restore iOS merupakan cara terakhir yang bisa dilakukan jika memang smartphone Anda mengalami kerusakan pada bagian software-nya bukan hardware-nya.
4.      Bawalah iPad atau iPhone Anda ke service centre

Jika ketiga cara di atas sudah Anda lakukan dan hasilnya sama saja yaitu tidak ada perkembangannya, berarti yang eror bukanlah system operasi iOS-nya melainkan perangkat hardware. Jika sudah terjadi hal yang demikian, segeralah untuk membawa iPad atau iPhone Anda ke service centre.

Jika Anda tidak mempunyai bakat dalam memperbaiki smartphone, Sebaiknya jangan pernah mencoba untuk memperbaikinya sendiri, karena akan berakibat fatal pada hanphone yang Anda punya.

Anda pun tidak boleh sembarangan membawa iPad atau iPhone ke tukang service hp yang tidak terpercaya. Agar lebih aman bawalah langsung ke service centre-nya. Di sana Anda akan dilayani dengan sepenuh hati dan smartphone Anda akan diperbaiki secara maksimal.


Empat langkah dalam mengatasi masalah layar tidakresponsive di IOS 10 tersebut bisa Anda coba agar iPad atau iPhone dapat berjalan sesuai dengan fungsinya dan tidak ada lagi kendala yang dapat mengganggu segala aktivitas yang sedang dilakukan. Selamat mencoba.
 
Top